25rAkFw2tMDk8Wfu6h4pdgtbE0VCcPhgDmSPWlPN

Sejarah Bola Basket Dan Sejarah Masuknya Bola Basket ke Indonesia



Sejarah Bola Basket Dan Sejarah Masuknya Bola Basket ke Indonesia. - Bola basket adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu dimana masing-masing regu terdiri dari 5 orang pemain. inti dari permainan ini adalah berusaha mencari nilai atau angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke keranjang lawan.

Dalam memainkan bola pemain dapat mendorong bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, lemparkan atau menggiring bola ke segala penjuru dalam arena permainan.

Permainan bola basket diciptakan pada tahun 1891, oleh Dr. James Naismith, seorang guru olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen).

Bola basket terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

Pertandingan resmi bola basket yang pertama, diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr.James Naismth. basket adalah sebutan yang diucapkan oleh salah seorang muridnya.

Olahraga ini pun segera terkenal di seantero Amerika serikat. penggemar fanatik ditempatkan di seluruh cabang di Amerika, pertandingan demi pertandingan pun dilaksanakan di seluruh kota-kota negara bagian Amerika serikat.

Pada awalnya setiap pemain berjumlah 9 orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah melalui pass (lemparan).

Sejarah peraturan permainan basket diawali dari 13 aturan dasar yang ditulis sendiri oleh James naismith, aturan tersebut adalah sebagai berikut.


  • Bola dapat dilemparkan ke segala arah
  • Bola dapat dipukul ke segala arah
  • Pemain tidak dibolehkan berlari sambil memegang bola.
  • Bola harus dipegang di dalam atau diantara telapak tangan.
  • Pemain tidak diperbolehkan menyeruduk, menahan, mendorong, memukul, atau menjegal pemain lain.


Sejarah masuknya permainan bola basket di Indonesia.

Pada tahun 1920-an, perantau perantau dari cina masuk ke Indonesia,Mereka pun membawa permainan basket yang sudah dua dasawarsa dikembangkan di sana.

Para perantau itu membentuk komunitas sendiri termasuk mendirikan sekolah Tionghoa, akibatnya basket cepat berkembang di sekolah-sekolah Tionghoa.

Bola basket menjadi salah satu olahraga wajib yang harus dimainkan oleh setiap siswa, tidak heran jika setiap sekolah selalu ada lapangan basket, dan tidak heran juga basket basket yang menonjol penampilannya berasal dari kalangan ini.

Usai proklamasi kemerdekaan, 17 Agustus 1945, olahraga basket mulai dikenal luas di kota-kota yang menjadi basis perjuangan seperti Yogyakarta, dan solo.
pada PON (pekan olahraga Nasional) I (1948) di solo,bola basket dimainkan untuk pertama kali di level nasional.

Itu itulah sejarah bola basket serta sejarah masuknya bola basket ke Indonesia.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment

<