25rAkFw2tMDk8Wfu6h4pdgtbE0VCcPhgDmSPWlPN

Pengertian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)



Pengertian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik, yang mencakup baik perhatian mengajar maupun tugas-tugas kependidikan di luar kegiatan mengajar secara terbimbing yang terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan.

A. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) - PPL bertujuan untuk melatih siswa sebagai calon guru dalam profesi keguruan dan profesi kependidikan lainnya agar mereka mampu mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan perkembangan pendidikan.

B. Sasaran Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) - sasaran yang ingin dicapai dalam praktik pengalaman lapangan adalah pribadi calon guru atau pendidik yang memiliki seperangkat, keterampilan, nilai dan sikap, serta tingkah laku yang dipersyaratkan bagi profesinya serta cakap atau mampu dan dapat menggunakannya dengan baik di dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah ataupun di luar sekolah.

C. Tahap-tahap Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) - praktik pengalaman lapangan (ppl) laksanakan dalam dua tahap, yaitu praktik Microteaching dengan bobot 2 SKS, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diberi bobot 3 SKS. PPL diselenggarakan selama 2 bulan di sekolah atau madrasah.

Dalam Microteaching mahasiswa mendapat bimbingan untuk menyusun persiapan mengajar, melaksanakan pengajaran, mendiskusikan atau mendapat masukan dari dosen mengenai segala sesuatunya yang berhubungan dengan hal-hal tersebut.

Sementara, dalam PPL mahasiswa berkesempatan berlatih melaksanakan pengajaran yang sebenarnya di sekolah, PPL berlokasi TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan MA negeri maupun swasta yang ada di kota dan kabupaten di sekitarnya.

D. Pembimbing Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) - Dalam melaksanakan praktik pengalaman lapangan, mahasiswa dibimbing oleh 1. kepala sekolah, 2. guru pamong, 3. dosen pembimbing.

E. Struktur Organisasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) - dalam melaksanakannya, struktur organisasi dan perincian garis besar tugas masing-masing pihak dapat dilihat pada bagan berikut.


Itulah  Pengertian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), semoga bermanfaat.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment

<