25rAkFw2tMDk8Wfu6h4pdgtbE0VCcPhgDmSPWlPN

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)



Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) - pelaksanaan praktik pengalaman lapangan di FKiP universitas dibagi dalam dua tahap yaitu tahap observasi dan tahap pelatihan mengajar.


A. Tahap Observasi

observasi dilakukan di awal kegiatan PPL,kegiatan ini dilakukan selama 1 minggu. setelah melaksanakan kegiatan observasi,mahasiswa melakukan pelatihan atau praktik mengajar. observasi bertujuan agar mahasiswa sebagai calon guru untuk role ketahuan dan pengalaman mengenai keadaan sekolah tempat melakukan praktik.

pada tahap ini (Observasi),mahasiswa dibimbing oleh kepala sekolah tempat mahasiswa berpraktik. aspek-aspek yang di observasi sebagai berikut:,


  • Situasi dan kondisi sekolah tempat praktik pada umumnya. hal ini meliputi sebagai berikut.
  • denah gedung dan fasilitas sekolah
  • prosedur penggunaan dan pemeliharaan
  • Situasi pengelolaan kelas yang meliputi:
  • peta kelas
  • pengaturan tempat duduk
  • susunan perabot kelas
  • pelaksanaan tugas guru pendidik pada umumnya dan guru pamong pada khususnya.
  • laboratorium
  • perpustakaan
  • ruang olahraga
  • ruang usaha kesehatan sekolah (UKS)
  • koperasi sekolah
  • keadaan siswa pada umumnya dan pelaksanaan program BK
  • pekarangan sekolah
  • warung atau kantin sekolah (Kalau ada)



B. Tahap latihan mengajar

Pelatihan mengajar dilaksanakan di sekolah tempat mahasiswa praktik sebanyak 10 kali praktik tatap muka ini dibuktikan dengan 10 rencana pengajaran yang mendapat penilaian dari guru pamong.

pelatihan ini dilakukan setelah mahasiswa melakukan observasi, tahap ini merupakan hal yang penting karena dalam melakukan kegiatan ini,mahasiswa menerapkan hasil belajar secara teori dan metode serta struktur organisasi bidang studi.

Pada tahap latihan mengajar, mahasiswa melakukan kegiatan sebagai berikut:



  • membuat persiapan tertulis serta mempersiapkan diri setiap kali akan mengajar.
  • mencatat kehadiran siswa.
  • melaksanakan pengajaran dengan menggunakan metode dan prosedur mengajar yang sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan proses pembelajaran.
  • membuat dan menggunakan media dan alat peraga.
  • melakukan evaluasi terhadap kegiatan belajar siswa.
  • ikut serta dalam pertemuan-pertemuan guru yang berhubungan dengan pembelajaran.
  • latihan mengajar di muka kelas dilaksanakan minimal 10 kali tatap muka di kelas.
  • mengikuti upacara yang diselenggarakan oleh sekolah praktik.
  • mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.



C. Belajar mengenal siswa

yang harus dilakukan oleh mahasiswa yang berpraktik dalam mengenal siswa adalah:


  • mempelajari atau mengingat nama-nama siswa di kelas.
  • memperhatikan dan mengenal siswa-siswa yang berprestasi


D. Mengadakan wawancara dengan siswa

khusus mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling mengadakan wawancara dengan siswa tentang:


  • minat dan bakat
  • tugas-tugas di rumah
  • kesulitan-kesulitan yang dialami di rumah
  • kesulitan-kesulitan di sekolah
  • perhatian sekolah dan keluarga terhadap masalah yang dialami siswa
  • bersama guru BK memberikan bimbingan kepada siswa yang mempunyai masalah


E. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) khusus mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling.

Dalam melaksanakan PPL mahasiswa BK melakukan kegiatan bukan sebagai guru bidang studi atau mata pelajaran yang mengajar di kelas tetapi melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling secara komprehensif sesuai dengan Permendikbud nomor 101 tahun 2014 tentang penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah dasar dan menengah.


F. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), khusus mahasiswa program studi pendidikan anak usia dini.

pelaksanaan PPL program studi PG-PAUD disesuaikan dengan kurikulum yang ada di lembaga-lembaga PAUD, seperti taman penitipan anak (TPA), kelompok bermain (KB), dan taman kanak-kanak (TK) atau Raudatul Athfal (RA).

Mahasiswa melakukan kegiatan belajar mengajar dengan kewajiban sebagai berikut;


  • program semester (Prosem), rencana kegiatan mingguan (RKM), dan rencana kegiatan harian (RKH).
  • melaksanakan kegiatan mengajar sesuai dengan rencana yang telah disiapkan.
  • memilih dan menggunakan berbagai strategis atau metode atau teknik atau media mengajar yang tepat sehingga mewujudkan belajar yang dapat mengaktifkan siswa.
  • menganalisa hasil evaluasi pembelajaran dan melaksanakan tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut.


Itu lah Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Menurut Admin, semoga bermanfaat.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment

<